Benarkah Kudeta Mursy Sudah Direncanakan Militer

Kamis, 04 Juli 2013

Demo Penentang Mursy
Isu mengeneai Rencana kudeta Presiden Mesir Mursy ternyata menjadi kenyataan. Dari kronologis berikut yang dilansir dari Hidayatullah.com bisa menjadi bukti adanya rencana kudeta oleh Militer tersebut. 

Angkatan bersenjata Mesir pertama-tama menyatakan, dan tetap menyatakan dan selalu akan menyatakan bahwa dirinya menjaga jarak dari kekuatan-kekuatan politik.” Demikian kata-kata pembuka yang diucapkan Menteri 

Pertahanan sekaligus Panglima Angkatan Bersenjata Mesir Abdul Fattah Khalil al-Sisi saat mengumumkan pengambilalihan kekuasaan dari Presiden Muhammad Mursy, Rabu malam (3/7/2013).

Kelompok penentang Mursy bersorak-sorai karena tujuan mereka tercapai, yaitu berakhirnya pemerintahan Mursy yang dipilih lewat pemilu demokratis pertama pascarezim Husni Mubarak pertengahan 2012 lalu.


Kelompok penentang menyebut hal itu sebagai revolusi kedua dan kemenangan rakyat.
Namun, sebagian pihak yang mencermati gejolak politik Mesir menyebutnya sebagai kudeta.
Beberapa hal mengindikasikan bahwa kudeta oleh militer yang dipimpin oleh Jenderal Al-Sisi memang direncanakan dengan baik.

Dalam pidatonya ketika mengumumkan pengambilalihan kekuasaan dari Mursy, Al-Sisi mengatakan bahwa Mursy gagal untuk memenuhi tuntutan rekonsiliasi persatuan nasional. Dan mengatakan bahwa militer sebelumnya sudah meminta Mursy untuk melakukan dialog rekonsiliasi tetapi selalu ditolak pihak kepresidenan.


Sumber selengkapnya DISINI

0 komentar:

Posting Komentar